Kamis, 30 Oktober 2014

Tentang PE



PENDIDIKAN EKONOMI
PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER

          Pendidikan ekonomi merupakan salah satu jurusan program ips di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas jember. Pendidikan ekonomi ini di bawah pimpinan bapak Sukidin . status terbaru dari pendidikan ekonomi ini ialah menjadi program studi terbaik se universitas jember. Wahh hebat kan , prodi pendidikan ekonomi ini .
Misi Program Studi
1.     Mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki bagi pengembangan kehidupan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada MASYARAKAT.
2.     Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran ekonomi yang berkualitas dan terbuka untuk menghasilkan guru ekonomi yang bermoral, profesional dan berwawasan global, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan pengembangan Islam.
 3.     Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mampu memberikan kontribusi bagi perkembangan dunia pendidikan dan masyarakat
.          Pendidikan ekonomi ini berada di gedung 1 fkip unej, di dekat Masjid  Unej. dalam program studi ini banyak yang bisa kita dapatkan loh . hanya prodi pendidikan ekonomi lah yang mempunyai jurnal didalamnya . ya, jurnal prodi pendidikan ekonomi sudah lama berdiri. Jurna prodi ini diberi nama Jurnal Press Fkip PE unej .
Ada 4 strategi dasar dalam belajar mengajar dalam prodi pendidikan ekonomi :
1.     Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.     Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
3.     Memilih  dan menetapkan prosedur,metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4.     Menetpakan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

Tujuan Program Studi
1. Tujuan Umum :
Menghasilkan lulusan (pendidik) yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, Islami, berwawasan ilmiah, kompetitif, mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat, sehingga mampu memberikan sumbangan optimal dalam pembentukan karakter bangsa.
2. Tujuan Khusus :
Menghasilkan pendidik yang memiliki kemampuan dalam :
·         Menjalankan kewajibannya sebagai guru yang Islami, berkepribadian, menjasi tauladan bagi peserta didik dan masyarakat
·         Melaksanakan tugas sebagai guru ekonomi yang menguasai materi ajar dan mampu mengelola pembelajaran yang bermakna, kritis, kreatif dan inovatif.
·         Melakukan kegiatan di luar bidangkeguruan , seperti perkoperasia, di BUMN, perusahaan swasta, PNS, dan berwirausaha.
·         Mengembangkan kelimuan untuk kepemtingan pembelajaran dan penelitian.
·         Menyosialisasikan ilmu pengetahuan untuk pekepentingan masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
          Selain adanya jurnal Pe ini, juga terdapat kopma atau koperasi mahasiswa , nah buat yang suka banget jajanan , di kopma inilah tempatnya . kopma pe ini menjual segala kebutuhan kita semua , mulai dari makanan, minuman, sampai kebutuhan alat tulis kita .
          Program pendidikan ekonomi ini nggak Cuma sendirian loh, kita juga satu gedung sama program studi sejarah . tapi mau gimanapun tetap pendidikan ekonomi yang nomer satu , hihihi.
          Kalian tau nggak, di dalam gedung 1 fkip unej ini terdapat miniature miniature candi loh , jadi buat yang nggak kesampaian liat candi di jogja, bisa liat candi di gedung 1 fkip unej ini. Ya lumayan kan, nggak perlu keluarin duit banyak buat liat candi .
          Dalam program studi pendidikan ekonomi terdapat beberapa organisasi yang bisa kita semua ikuti . yaitu HMP,KOPMA,PRESS. Semua organisasi tersebut bisa sangat bermanfaat bagi kita semua , karena kita bisa dapat ilmu berorganisasi, kesetiakawanan, dll.
Pusat perhatian mendasar dari konsep pendidikan ekonomi adalah bagaimana mengalokasikan sumber-sumber yang terbatas untuk mencapai tujuan yang beraneka ragam dan mungkin tak terhingga jumlahnya.

          Di dalam program studi pendidikan ekonomi terdapat dosen yang sangat – sangat baik, menyenangkan . di jamin deh, dosen di pendidikan ekonomi ini tidak akan membosankan . dosen dengan berbagai bidang mata kuliah yang berbeda dan sangat menyenangkan.
          Mahasiswa diajak untuk membahas berbagai masalah perekonomian, perdagangan, akuntansi, maupun manajemen yang terjadi di dalam masyarakat. Dunia perdagangan dari skala kecil sampai multinasional dibahas secara akademik. Di bidang nonkependidikan mahasiswa diarahkan untuk miliki kemampuan middle management, mahasiswa diajak untuk mengembangkan semangat wiraswasta tinggi sehingga diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja mandiri dalam berbagai aspek kegiatan ekonomi.
           Selain program studi kependidikan, Jurusan Pendidikan Ekonomi juga membina dua program studi nonkependidikan yaitu Program Studi Akuntansi dan Program Studi Manajemen.
Berdasarkan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) diketahui bahwa Program Studi Pendidikan Ekonomi mempunyai kekuatan dan peluang besar untuk terus mengembangkan diri menjadi salah satu program studi di lingkungan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan  yang berkarakter kuat dan cerdas. Prodi Pendidikan Ekonomi akan  terus berusaha mengembangkan. potensi yang dimiliki agar menjadi kekuatan dan sekaligus menangkap dan memanfaatkan peluang untuk memperkuat Prodi khususnya dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret pada umumnya. Di samping itu, Program Studi Pendidikan Ekonomi masih menghadapi beberapa kelemahan dan hambatan yang menjadi kendala dalam mengembangkan Prodi ke depan. Beberapa kendala ini secara bertahap dan kontinyu diupayakan untuk diatasi sedemikian rupa sehingga secara bertahap pula diharapkan bisa memperbaiki kinerja dan pengembangan Program Studi Pendidikan Ekonomi ke depan.
          Secara fisik, kualitas bangunan sangat bagus dengan jumlah ruangan dan kursi dalam kondisi baik. Penggunaan ruangan dikelola secara bersama antar program studi. Kebersihan dan kerapian gedung terjaga secara baik .Fasilitas – fasilitas ruangan tersebut  dilengkapi dengan fasilitas kipas angin. Di Gedung 1 juga ada taman kecil sekedar buat mencuci mata
           Dalam setiap ruang kuliah tersedia LCD, OHP, Whiteboard  dan beberapa ruang sudah dilengkapi dengan air –condition. Kondisi ruang kuliah  dengan kualitas baik sehingga proses pembelajaran bisa berjalan baik dan lancar.
          Sarana dan prasarana yang dimiliki program studi ekonomi disesuaikan dengan kebutuhan. Kesesuaian antara kebutuhan dan pemenuhan sarana prasarana menjadi proritas sehingga layanan proses perkuliahan terhadap mahasiswa tidak terganggu.
Secara detail, telah dilakukan analisis antara kekuatan, peluang, ancaman/tantangan dan strategi yang dijalankan program studi ekonomi.
          Dari semua pernyataan diatas , bisa kita simpulkan bahwa program studi pendidikan ekonomi sangat sangatlah terbaik di semua program studi di universitas jember . banyak sekali keunggulan dalam program studi pendidikan ekonomi ini,juga banyak sekali fasilitas di dalam program studi ini. Sangat-sangatlah menyesal jika kalian yang membaca blog saya ini tidak mempertimbangkan ingin kuliah dimana. Ambil dan mantapkan lah hati kalian untuk memilih program studi terbaik di universitas jember ini . langsung saja pilih program studi pendidikan ekonomi ini untuk melanjutkan studi kalian semua . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar